6 Etika Makan di Luar Rumah yang Penting Kita Pahami


Mie Mapan – Mengutamakan etika makan di luar rumah yang penting kita pahami. Tujuannya agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya juga sedang menyantap makanan di meja yang sama.

Etika makan adalah tata cara makan yang diawali dengan duduk, lalu menggunakan peralatan makan, kemudian diakhiri dengan tata krama setelah selesai makan.

Biasanya, etika makan di luar rumah merupakan tradisi atau kebiasaan terutama untuk era modernisasi seperti saat ini.

1 Antri saat memesan makanan

Mengantri saat ini menjadi sebuah kewajiban saat memesan makanan, saat mengantri kamu harus mendahulukan orang yang lebih dahulu datang. Jangan menyela antrian! Budayakan untuk menjadi teratur. Hal ini juga mengajarkan kita untuk lebih disiplin dan beretika.

2 Mencuci tangan sebelum makan

Sebelum makan, sebaiknya cucilah tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun. Tujuannya untuk mengurangi risiko pindahnya bakteri ke makanan yang ada di dalam mulut. Jika bakteri sampai masuk ke dalam mulut dan saluran pencernaan, maka bisa mengakibatkan diare.

3 Berdoa sebelum makan

Jangan lupa berdoa sebelum mulai menyantap makanan. Hal ini dilakukan sebagai perwujudan syukur kepada Tuhan atas makanan yang tersedia di atas meja. Selain itu, berdoa sebelum makan juga bisa sebagai bentuk keinginan atau harapan terhadap Tuhan, agar makanan yang masuk ke dalam mulut membawa banyak manfaat untuk tubuh.

4 Makan dengan Mulut Tertutup

Etika makan di luar rumah atau di restaurant adalah makan dengan mulut tertutup. Jadi, saat mengunyah makanan tidak akan menghasilkan suara. Pasalnya, suara yang muncul saat mengunyah makanan itu terdengar menjengkelkan dan dinilai kasar, bahkan tak beradab. Makan dengan mulut tertutup juga akan menghindarkanmu dari risiko tersedak yang diakibatkan masuknya tekanan udara ke dalam mulut saat mengunyah makanan.

5 Menutup mulut Jika bersendawa

Sendawa umum terjadi saat seseorang sedang makan. Jika itu terjadi denganmu, segeralah menutup mulut menggunakan tisu, lalu merapatkan bibir kembali agar suara sendawa tidak terdengar terlalu keras. Jika sudah selesai jangan lupa mengucapkan permintaan maaf, lalu kembali makan. Bagaimana jika mengalami sendawa atau cegukan berkali-kali? Segera izin untuk pergi dari meja makan dengan sopan. Setelah cegukan selesai, maka bisa kembali ke meja makan.

6 Berkata Sopan pada Waiter/waitress

Saat meminta tolong kepada waiter/waitress, berucaplah secara sopan, jangan berucap kasar agar kedua belah pihak tidak mengalami kesalahpahaman dan waiter/waitress merasa dihargai terhadap pekerjaan yang mereka lakukan.

Itulah enam etika yang harus kamu lakukan saat makanan di luar rumah atau restaurant. Pastikan kamu menerapkan etika di atas ya! Untuk temukan info terkait restaurant terenak yang bisa kamu coba bersama yang tercinta simak disini.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Never miss a good story!

 Subscribe to our newsletter to keep up with the latest trends!